Komponen Mosfet

Posted by

Diskusi Tentang penggantian FET Mosfet cukup ramai di basecamp.......
 - Cara memeriksa transistor Mosfet
-  Teknik mengganti komponen Mosfet
- Cara Kerja komponen yang satu ini
- Pengalaman buruk seputar komponen ini dari para master
- Analisa untuk memvonis kalo komponen Mosfet yg rusak
 
JAdi mengerti kita tentang komponen ini....asiknya kita kumpulan bisa sharing
 
Sebetulnya apa thooo komponen Mosfet ?
Untuk mengganti transistor mosfet kita harus hati-hati dan harus tahu dulu impedansi antara Kaki D dan S (fet aslinya) apabila kita memberi tegangan bias pada G.
Cara kerja FET hampir mirip dengan transistor bipolar (transistor biasa yang sering kita jumpai).
 
Equivalen FET dengan Transistor bipolar
Gate (G) = Basis (B)
Source (S) = Kolektor (C)
Drain (D) = Emitor (E)
 
Cara memeriksa FET 
Ambil OHM-meter dan set pada posisi 10x
Pegang ujung logam probe merah dengan ujung jari tangan kiri dan tempelkan (terus-menerus) pada kaki (D)
Tangan kanan pegang probe hitam tetapi jangan menyentuh ujung probe (pegang plastiknya saja).
Probe hitam tempelkan “sesaat” saja pada kaki (G)
Segera pindahkan probe hitam ke kaki (S), maka jarum harus menyimpang. Jika jarum tidak menyimpang berarti FET kehilangan nfaktor penguatannya.
Lepas probe hitam
Sentuh kaki (G) dengan ujung jari tangan, maka jarum harus tidak menyimpang sama sekali jika probe hitam ditempelkan ke kaki Source. Jika jarum menyimpang berarti FET short atau bocor
Penjelasan.
(G) sebagai kontrol input mempunyai kapasitansi yang sangat kecil. Kapasitansi Gate ini dapat menyimpan muatan listrik.
Pada saat probe meter hitam ditempelkan pada (G), maka kapasitansi Gate mendapat muatan positip. Tegangan positip ini menyebabkan resistansi antara (S) – (D) drops, sehingga jarum menyimpang
Pada saat (D) disentuh dengan jari, maka muatan positip akan hilang terbuang lewat sentuhan jari. Dan resistasi antara (S) dan (D) akan berubah menjadi sangat besar sekali, sehingga jarum tidak menyimpang.
 
 Pesan senior :
Jangan sekali-kali menghidupkan pesawat dengan kondisi kaki (G) di-open. Ini berbeda dengan saat bekerja dengan transistor bipolar, dimana membiarkan kaki Basis di-open tidak akan menimbulkan masalah jika pesawat dihidupkan.
 Sumber


Blog, Updated at: September 14, 2018
Powered by Blogger.