Sekarang ini orang tidak perlu takut lagi untuk membuka sebuah restoran, kafe atau hanya sebuah rumah makan biasa. Sebab, banyak cara yang bisa dilakukan agar bisnis makanan tersebut bisa dikenal banyak orang dan dagangannya bisa laku terjual. Selain melakukan promo dengan penyebaran brosur atau di sosial media, pemilik restoran memanfaatkan layanan Go-Food yang dihadirkan oleh Go-Jek.
Dengan layanan tersebut, orang yang sedang mencari makan atau minuman dan malas beranjak dari kantor atau rumah tentunya akan melihat-lihat daftar restoran dan menu yang diinginkan di Go-Food. Hal ini tentunya membuat pemilik restoran hanya tinggal menunggu konsumen datang menghapiri saja.
Nah, bagi kamu yang ingin resotorannya laris manis, tunggu apalagi? Segera daftarkan di Go-Food! berikut panduan pendaftaran Go-Food yang bisa dilakukan dengan mudah melalui ponsel pintar yang berhasil Cermati.com rangkum dari laman Go-Jek.
Panduan Pendaftaran GO-FOOD via GO-BIZ
Panduan pendaftaran Go-Food via Go-Biz
Perlu diketahui, Go-Biz adalah sebuah aplikasi eksklusif untuk Mitra Go-Food yang dapat memfasilitasi manajemen dan administrasi restoranmu. Go-Biz juga akan membantu Mitra Go-Food dalam mengembangkan bisnismu melalui alat analisis dan pemasaran.
Mulai dari mengatur menu (nama, kategori, harga dan ketersedian), mengatur jam operasional, memonitor transaksi. Kelebihannya Go-Biz ini telah dilengkapi dengan QR-Code, jadi memungkinkan konsumen untuk melakukan pembayaran melalui Go-Pay.
Ikuti panduan pendaftaran Go-Food via Go-Biz, berikut ini:
Go-Biz via account.gobiz.co.id
- Download GO-BIZ di Playstore
- Pilih Daftar GO-FOOD
- Tekan Daftar Sekarang
- Pilih jenis pendaftaran yang sesuai dengan kebutuhanmu
- Jika memilih Buka restoran baru milik pribadi, maka pilihlah kota dimana restoranmu berada
- Tekan Lanjut
- Masukan nama pemilik usaha pada kolom Nama pengguna
- Masukan juga email serta nomor HP untuk didaftarkan
- Tekan Buat Akun
- Kode OTP akan dikirimkan ke nomor yang telah kamu daftarkan, kemudian masukan kode dan tekan Konfirmasi
- Masukan nama restoranmu dan tekan Lanjut
- Pilih Informasi restoran
- Masukan informasi restoran secara lengkap
- Atur juga titik lokasi restoran dengan menekan tombol Set Lokasi untuk posisi yang lebih akurat
- Tekan Konfirmasi dan Simpan jika data sudah sesuai
- Pilih Identitas pemilik
- Masukan nomor telepon pemilik usaha
- Tekan Upload dan foto KTP
- Masukan juga nomor dan nama yang tertera pada KTP pada kolom yang tersedia
- Jika memiliki NPWP, klik tanda centang, tekan Upload dan foto kartu NPWPmu
- Masukan juga nomor dan nama yang tertera pada NPWP pada kolom yang tersedia
- Tekan ‘Simpan’
- Pilih informasi rekening bank
- Tekan tombol panah pada kolom Nama bank dan pilih bank yang kamu gunakan
- Masukan nomor rekeningmu
- Masukan Nama pemilik rekening sesuai dengan yang tertera pada buku tabungan
- Tekan Verifikasi
- Jika pemilik rekening berbeda dengan pemilik restoran, masukan nama pemilik sesuai KTP dan nama pemegang rekening bank di kolom yang tersedia
- Tekan tombol centang dan Upload surat Kuasa kamu
- Tekan Simpan
Jika Pemilik Rekening Berbeda dengan Pemilik Restoran
- Pilih Informasi pajak dan lainnya (pilihan ini adalah opsional, jika kamu ingin menyertakan info pajak tersebut, kamu perlu memiliki dan meng-upload NPWP)
- Masukan info Tarif pajak PB1 kamu (pilih Tidak ada atau 10%)
- Masukan juga info Tarif pelayanan jika ada (maksimal 10%)
- Tekan Simpan
- Jika semua data usaha sudah diisi, klik Lanjut
- Baca Syarat & Ketentuan dan jika telah menyetujui segala ketentuannya, klik kedua tanda centang yang tersedia
- Tekan Kirim Data Usaha
Jika Pendaftaran Ditolak
Pendaftaran telah selesai dan data akan diproses sesuai jangka waktu yang tertera. Jika ada data Usaha kamu yang tidak sesuai, perbaiki sesuai panduan yang tertera pada kolom merah dan tekan Lanjut. Perbaikan data kamu akan diproses kembali.
Jika Pendaftaran Diterima
- Tekan tombol Tambah pada Jam Operasional dan atur jadwal operasional restoran kamu sesuai harinya
- Tekan tombol Tambah pada Menu restoran dan buatlah minimal 1 kategori dengan isi minimal 1 menu aktif untuk dijual
- Tekan tombol Tambah pada Profil restoran dan upload foto banner restoran serta pilih maksimal 3 kategori makanan yang sesuai dengan restoranmu
- Tekan Aktifkan Sekarang
Sistem Bagi Hasil
Tak bisa dimungkiri, hingga kini masih banyak pelaku restoran besar atau kecil yang menanyakan ‘bagaimana sistem pembayaran restoran kita kepada Go-Jek?’ atau ‘seberapa besar uang yang harus dikeluarkan untuk mendaftarkan restoran kita ke Go-Food?’
Buang jauh-jauh pertanyaan tersebut, sebab Go-Food menerapkan perhitungan komisi dengan bagi hasil yang cukup terjangkau, yaitu hanya 20% dari setiap menu yang dijual. Jadi bila menu A dijual dengan harga Rp15.000, maka pemilik resto wajib membayar 20%nya atau sekitar Rp3.000.
Pada umumnya, pelaku resto akan menaikkan harga jual sekitar 20% - 30%. Misalnya, menu A yang biasanya dijual dengan harga Rp15.000 menjadi Rp18.000. Dengan begitu, potongan bagi hasil sebesar Rp3.600, sehingga pemilik resto ada untung lebih. Sistem bagi hasil ini sudah terdapat dalam Go-Biz.
Kelola Restoran dengan Maksimal
Dengan adanya Go-Food, kamu hanya tinggal mengelola restoran dengan maksimal. Pastikan setiap menu yang dijual diperhatikan dengan benar, baik dari segi kematangan, kebersihan hingga penataannya. Selain itu, kamu juga perlu berinovasi untuk melakukan penambahan menu secara berkala. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik konsumen untuk terus membeli makanan dan minuman di restomu lagi.